Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA SMP NEGERI 1 JATILAWANG

 

SMP Negeri 1 Jatilawang memiliki sejarah menarik dalam berdirinya dari awal hingga sekarang. SMP Negeri 1 Jatilawang secara de jure berdiri pada tanggal 1 april 1979. adapun riwayat singkatnya diuraikan dalam deskripsi berikut ini :

Pada tahun 1963  pada lokasi yang sekarang digunakan untuk balai desa tunjung, didirikan Sekolah Kerajinan Negeri (SKN), dengan Kepala Sekolah bapak Wasikun dari Sokaraja. Pada saat itu tanah yang di tempati masih berstatus pinjaman dari Pemerintah Desa Tunjung. SKN ini baru mempunyai satu bidang jurusan yaitu teknik besi dengan lama belajar hanya 2 tahun.

Tahun 1965 SKN dirubah menjadi Sekolah Teknik Negeri Yaitu Villial/Kelas Jauh Sekolah Teknik (STN) Sokaraja 2 dengan bidang jurusan teknik bangunan gedung dan bangunan air. Villial STN Sokaraja 2 ini mempunyai masa belajar selama 3 tahun. Pada tahun 1966 (pasca terjadinya G30S/PKI) , Villial STN Sokaraja 2 ini diberi gedung berupa bekas garasi truk milik Mr.Ciom Lek adalah salah satu anggota  pki yang tertangkap saat itu oleh pemerintah untuk dijadikan ruang belajar. Sejak saat itu tempat belajar siswa villial STN Sokaraja 2 berpindah ke sebelah selatan (yang sekarang adalah gedung SMA Karya Bakti Jatilawang).

Pada tahun 1972 , Villial STN Sokaraja 2 mulai membangun gedung yang berlokasi di Jalan Pramuka No 03 (sekarang lokasi SMP N 1 Jatilawang). Lokasi Ini semula adalah tanah milik pertamina yakni bekas gudang minyak milik Batavus Match Capai (BPM) salah satu perusahaan minyak milik Belanda. Sejak saat itu Villial STN Sokaraja 2 menempati lokasi ini dan sampai sekarang lokasi ini di tempati oleh SMP Negeri 1 Jatilawang

Antara Tahun 1974 s.d tahun 1975 Villial STN Sokaraja 2 berubah statusnya menjadi Sekolah Swasta karena pada saat itu semua guru negeri ditarik ke STN Sokaraja 2,  saat itu STN menjadi Sekolah Teknik Swasta (STS) Jatilawang .

Pada tahun 1976 Sekolah Teknik Swasta (STS) Jatilawang mendapat Surat Keputusan (SK) baru dari Pemerintah Kabupaten Banyumas menjadi Sekolah Teknik Negeri (STN) 2 Banyumas di Jatilawang.

Pada tahun 1977 STN 2 Banyumas di Jatilawang ini mulai menerima siswa untuk dididik dalam sistem sekolah umum (SMP) sehingga pada saat ini sebagian siswa adalah siswa Sekolah Teknik (ST) dan sebagian lagi siswa Sekolah Umum (SMP).

Pada tahun 1978 sekolah ini menerima SK lagi dari Pemerintah Kabupaten Banyumas menjadi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Transisi, yaitu sekolah memengah peralihan dari sekolah teknik menjadi sekolah umum sehingga sekolah ini dinamakan sebagai SMP Transisi Jatilawang.

Pada tahun 1979 SMP Transisi Jatilawang secara resmi dirubah menjadi SMP Negeri Jatilawang, tepatnya dengan SK tertanggal 1 April 1979. Pada saat 1 April 1979 inilah SMP Negeri 1 Jatilawang sudah resmi beridiri dengan berbagai prestasi sejak berdiri sampai sekarang yang terus gemilang, alhamdulillah SMP Negeri 1 Jatilawang senantiasa menjadi sekolah terfavorit di kecamatan Jatilawang dan sekitarnya. SMP Negeri 1 Jatilawang ..... JAYA !!! X3

(Sulimah, Red. Editor : Azka Miftahudin)